Daftar Harga Mesin Penyulingan Destilasi Minyak Atsiri

Daftar Harga Mesin Penyulingan Destilasi Minyak Atsiri

Daftar Harga Mesin Penyulingan Destilasi Minyak Atsiri

jual-mesin-destilasi-murah-harga-mesin-destilasi-otomatis
jual-mesin-destilasi-murah-harga-mesin-destilasi-otomatis

Daftar Harga Mesin Penyulingan Destilasi Minyak Atsiri 

Mesin penyulingan atau sering disebu t minyak destilasi adalah salah satu mesin yang difungsikan khusus untuk proses pembuatan minyak atsiri, mesin ini bekerja cepat dalam melakukan proses penyulingan.  Daftar Harga mesin penyulingan destilasi minyak atsiri ini beraneka ragam tergantung pada spesifikasi. Untuk mendapatkan produk minyak atsiri yang berkualitas, gunakan alat yang tidak bereaksi/menimbulkan kontaminasi terhadap produk minyak. Material yang baik adalah dengan glass/pyrex dan stainless steel. Untuk material glass hanya mampu untuk skala laboratorium, sedang skala industri biasa digunakan stainless steel. Jenis material stainlees steel mulai dari yang paling bagus antara lain :

    • Material Pharmaceutical Grade (SUS 316)
    • Material Food Grade (SUS 314)
    • Material Mild Mild Steel Galvanized
    • Material Mild Steel

Untuk keperluan destilasi minyak atsiri biasa digunakan material food grade.Perlu diperhatikan juga penggunaan jacket ketel atau sekat kalor jika proses penyulingan berada didaerah dingin seperti di pengunungan, ini dimaksudkan agar mengurangi kehilangan kalor panas. Jangan lupa dipasang juga accessories control dan safety device yang minimal berupa thermometer, manometer tekanan (pressure gauge) dan safety valve untuk alat destilasi yang menggunakan boiler. Kelengkapan mesin destilasi ini beraneka ragam beserta fungsinya :

Condensor (Pendingin)
Alat ini digunakan untuk kondensasi (mengembunkan) uap yang keluar dari ketel. Prinsip kerja alat adalah merubah fase uap menjadi fase cair karena pertukaran kalor pada pipa pendingin. Pada alat berskala laboratorium bisa menggunakan condensor lurus (liebig), sedang untuk skala industri harus menggunakan kondensor yang lebih besar. Kondensor untuk skala produksi berbahan stainless dalam bentuk pipa spiral agar kontak dengan air pendingin lebih lama dan area perpindahan kalor juga lebih panjang.

Separator (Pemisah Minyak)
Alat ini berfungsi untuk memisahkan minyak atsiri dengan air berdasarkan perbedaan berat jenis. Separator untuk alat suling sistem kukus kohobasi tersedia 2 macam yaitu untuk minyak dengan density (massa jenis) rendah dan minyak density tinggi.

Receiver Tank (Tangki Penampung)
Digunakan untuk menampung minyak atsiri, bisa dari bahan glass atau stainless steel. Untuk bahan glass, gunakan botol gelap agar minyak terhindar dari masuknya sinar matahari langsung sehingga tidak menurunkan grade minyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *